Timeline SNMPTN & UTBK SBMPTN 2023, Kamu Wajib Tahu!

Tidak terasa kamu telah menjadi siswa kelas 12 dan waktu satu tahun yang tersisa untuk menikmati masa putih abu-abu, waktu yang lama. Waktu efektif belajar siswa kelas 12 tinggal 1 semester saja. Di semester berikutnya akan sibukkan dengan berbagai kegiatan seperti ujian maupun tes akademik lainnya.

Ujian yang akan kamu hadapi mulai dari Ujian Ulangan, Ujian Tengah Semester, Ujian Semester dan Ujian Sekolah. Di tengah sibuk-sibuknya masa ujian tentu kamu juga mengikuti kegiatan lain seperti kegiatan ekstrakurikuler di Sekolah maupun di luar sekolah, seperti mengikuti bimbingan belajar dan kegiatan perlombaan dan lain-lain.

WAKTU UTBK

Siswa kelas 12 yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, tentu perlu persiapan ekstra untuk mengikuti proses yang panjang tersebut. Ada berbagai tahapan seleksi yang akan dilalui seperti seleksi SNMPTN , UTBK SBMPTN maupun Seleksi Mandiri.

Di tengah sibuknya pelaksaan ujian akhir sekolah, kamu sebagai siswa kelas 12 tentu perlu dini hari dalam melakukan persiapan untuk masuk ke Perguruan Tinggi.

Berikut timeline pelaksanaan SNMPTN dan UTBK SBMPTN 2023, siswa kelas 12 wajib tahu. Timeline ini dapat kamu gunakan dalam persiapan untuk masuk ke Perguruan Tinggi.

Jadwal jadwal SNMPTN dan UTBK SBMPTN ini adalah estimasi atau perkiraan berdasarkan pelaksanaan seleksi pada tahun sebelumnya. Tentu saja waktu ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi dan kebijakan yang dikeluarkan oleh LTMPT.

Bulan Juli sampai Agustus

Pada bulan ini kamu dapat menemukan berbagai macam tujuan informasi yang berhubungan dengan jurusan dan kampus yang mau diambil. Diskusikan terlebih dahulu dengan orang tua mengenai kampus tujuan dan jurusan yang diinginkan.

Pastikan juga jurusan yang diambil merupakan jurusan yang sesuai dengan minat dan passion kamu. Sehingga tidak menemukan kendala pada saat perkuliahan nanti. Silahkan belajar postingan berikut ini yang berisi tips dalam memilih dan menentukan jurusan.

Cara Menentukan Jurusan Sesuai Minat

Bulan September sampai Desember

Di bulan ini mungkin bakal banyak kesibukan di sekolah. Pada bulan-bulan tersebut kamu harus dapat membagi waktu dengan kegiatan di sekolah maupun dengan persiapan untuk mengikuti seleksi masuk Perguruan Tinggi.

Mempersiapkanlah hal-hal yang berkaitan dengan pembelajaran seperti mengikuti berbagai Latihan Soal maupun mencicil berbagai materi yang perlu dipelajari, mengikuti tryout ataupun membeli buku yang terkait dengan UTBTN.SBMPK

BUKU LATSOL 2023 TERBAIK SELLER

Pada akhir tahun, bulan Desember panitia LTMPT biasanya akan mengadakan sosialisasi tentang PDSS dan seleksi masuk jalur SNMPTN. Ini merupakan pengumuman pertama dari LTMPT yang menjadi permulaan akan diselenggarakannya SNMPTN dan UTBK SBMPTN 2023. Kamu harus mempersiapkan hal ini lebih matang dan lebih serius tentunya.

Kamu juga dapat mengikuti Latihan Soal SBMPTN bersama Instagram @latsolsbmptn. Latihan soal ini diselenggarakan secara gratis. Daftarkan dirimu pada poster berikut:

Latsol Mingguan

Bulan Januari sampai Februari

Pada bulan ini biasanya akan dimulai pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN). Pelaksanaan ini dimulai dengan pengumuman resmi dari pihak LTMPT.

Informasi resmi tersebut dilanjutkan dengan mengumumkan jumlah kuota untuk sekolah yang mengikuti seleksi SNMPTN. Tiap sekolah memiliki kuota yang berbeda berdasarkan akreditasi sekolah dan jumlah siswa yang dimiliki.

Tahapan selanjutnya dilakukan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) oleh pihak Sekolah. Registrasi untuk pembuatan akun sekolah dan siswa dimulai pada bulan-bulan ini. SNMPTN merupakan seleksi berdasarkan nilai rapor dan prestasi akademik lainnya.

Nilai yang di daftarkan adalah nilai dari semester 1 sampai dengan semester 5. Nilai prestasi akademik seperti sertifikat maupun piagam perlombaan. Kamu dapat melihat macam-macam sertifikat SNMPTN pada laman di bawah ini.

Salah satu yang menjadi syarat dalam mengikuti seleksi SNMPTN adalah memiliki nilai rapor yang baik dengan grafik naik tiap semesternya. Sekolah bakal mengadakan seleksi bagi siswa yang akan ikut SNMPTN dengan dinyatakan sebagai siswa yang memenuhi syarat atau layak mengikuti seleksi SNMPTN.

Selain mengikuti proses seleksi jalur SNMPTN tentu jadwal pelaksanaan ujian sekolah juga dimulai. Kamu harus dapat membagi kegiatan kamu pada bulan-bulan ini karena pelaksanaan jadwal UTBK juga semakin dekat.

Kurangilah hal-hal yang tidak bermanfaat dan prioritaskan untuk pelaksanaan ujian sekolah serta fokus pada persiapan UTBK SBMPTN. Buat kamu yang memiliki berbagai macam kesibukan, mungkin kamu dapat membaca beberapa tips ini agar dapat membagi waktu dengan tugas sekolah dengan UTBK SBMPTN.

TIPS SUKSES UTBK BAGI SI PALING SIBUK !

Bulan Maret sampai April

Di bulan Maret sampai April, biasanya LTMPT melakukan rilis informasi tentang mekanisme pelaksanaan UTBK SBMPTN. Bulan ini juga berbarengan dengan jadwal pengumuman hasil seleksi SNMPTN.

Jika kamu siswa tidak memenuhi syarat siswa yang tidak memenuhi syarat yang tidak lolos seleksi SNMPTN, tentunya harus mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi UTBK SBMPTN. Belajarlah lebih giat lagi dan terus mempelajari materi serta membahas soal-soal terkait dengan UTBK SBMPTN. lakukanlah evaluasi belajar dan capaian kamu sejauh mana.

Pada tahun sebelumnya ada sedikit perbedaan mengenai materi tes pada UTBK SBMPTN. Materi tes UTBK terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS), Tes Kompetensi Akademik (TKA) serta tambahan tes Bahasa Inggris.

Tes Potensi Skolastik berguna untuk mengukur kemampuan kognitif hal ini dianggap penting dalam keberhasilan menembuh proses pembelajaran di Pendidikan Tinggi. TPS terdiri dari beberapa subtes seperti:

Pengetahuan kuantitatif (PK) yang meliputi pengetahuan dan penguasaan tentang ilmu matematika dasar. Pengetahuan dan Pemahaman Umum (PBU), Penalaran Umum (PU), dan Pemahaman Bacaan dan Menulis (PBM).

Tes Kemampuan Akademik (TKA) berguna untuk mengukur pemahaman dan pengetahuan yang diajarkan saat di sekolah. Pada tes TKA ini juga dapat mengukur kemampuan kognitif yang berkaitan dengan mata pelajaran di sekolah yang bersifat Higher Order Thingking Skills (HOTS).

Sedangkan tes Bahasa Inggris berguna untuk mengukur kemampuan berbahasa yang diperlukan dalam mendukung proses pembelajaran di perguruan tinggi nanti.

Kelompok Ujian pada UTBK terdiri dari kelompok Saintek, Soshum dan Kelompok campuran. Kelompok Saintek merupakan kamu yang berasal dari jurusan IPA, sedangkan kelompok Soshum adakah kamu yang berasal dari jurusan IPS.

Kelompok IPC merupakan kombinasi di antara 2 kelompok Saintek maupun soshum. Kamu juga dapat melihat rumpun-rumpun jurusan yang berasal dari bidang saintek atau soshum pada laman berikut:

Pada pelaksanaan UTBK SBMPTN, kamu hanya diberikan waktu seleksi 1 kali tes dengan pelaksanaan ujian dalam 2 gelombang ujian. Pemilihan gelombang tidak berpengaruh pada tingkat kesulitan soal.

Bulan Mei sampai Juni

Pelaksanaan tes UTBK SBMPTN berdasarkan pelaksanaan periode sebelumnya diselenggarakan pada bulan Mei sampai dengan bulan Juni. Setelah mengeluarkan informasi resmi dari LTMPT tentang pelaksanaan UTBK dan jadwal pendaftarannya, kamu dapat melakukan registrasi agar dapat menjadi peserta seleksi tersebut.

Pendaftaran dapat dilakukan secara mandiri maupun dibantu oleh pihak sekolah jika mengalami kendala dalam proses pendaftaran akun.

Adapun 7 tahapan pendaftaran UTBK SBMPTN sebagai berikut:

  1. Registrasi Akun LTMPT
  2. Masuk ke Portal LTMPT
  3. Memilih menu verifikasi dan validasi data
  4. Memilih menu pendaftaran UTBK SBMPTN
  5. Bayar di Bank
  6. Mencetak Kartu UTBK
  7. Mengikuti Tes UTBK

Selain itu kamu juga dapat mendaftarkan dirimu sebagai penerima bantuan KIP-Kuliah dengan mendaftar secara mandiri pada laman kip-kuliah.kemendikbud.go.id. Kip Kuliah bagi siswa dengan ekonomi kurang mampu.

Harap perhatikan bahwa pemilihan jalur masuk pada KIP-K memiliki waktu yang lama, mohon diperhatikan jadwalnya agar kamu tidak gagal dalam proses seleksi.

Bulan Juni sampai Juli

Pada periode sebelumnya hasil UTBK diumumkan pada akhir bulan Juni. Pada periode pengumuman peserta UTBK dapat melihat hasil kelulusan serta perolehan nilai UTBK SBMPTN. Kamu juga dapat mengunduh sertifikat nilai tersebut dan juga dapat digunakan untuk mengikuti seleksi mandiri.

Jika kamu gagal lolos seleksi SBMPTN jangan kecil hati, masih ada banyak jalan lain untuk kamu ikuti agar menjadi mahasiswa di salah satu perguruan tinggi. Berbagai macam jalur ujian mandiri buka setelah pelaksanaan UTBK SBMPTN.

Ujian Mandiri tiap kampus berbeda-beda istilah, seperti SIMAK-UI, SELAM-UB dan lain-lain. Jika Anda ingin mencari informasi mengenai pembukaan seleksi mandiri, ada baiknya untuk mengunjungi laman resmi maupun media sosial resmi dari kampus yang dituju agar mendapatkan informasi yang lebih akurat.

Sambil menunggu jadwal ujian mandiri, tentu Anda perlu membahas kembali soal yang berhubungan dengan ujian mandiri. Berikut berbagai soal ujian mandiri berbagai universitas yang dapat Anda gunakan sebagai bahan pembelajaran dalam menghadapi seleksi masuk PTN jalur mandiri.

KUMPULAN SOAL UJIAN MANDIRI SELURUH UNIVERISTAS

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inge Anugrah Bantah Ingin Jatuhkan Nama Baik Ari Wibowo

Marak Penipuan Jastip Tiket Konser Coldplay, Sandiaga: Rusak Citra Industri Seni Di Indonesia

Prakiraan Hujan Di Indonesia Hari Ini, Kamis 18 Mei 2023, BMKG: Sulawesi Tengah Potensi Hujan Lebat